Who doesn’t love dessert??? Everyone loves it!!

Termasuk saya, I LOVE sweets! >///<  selain untuk memanjakan lidah, semua jenis makanan penutup selalu bisa diandalkan untuk mengembalikan bad mood be a good mood. Begitu banyak jenis dessert yang bisa bikin mata kita merem melek, the most popular yaitu ice cream, cake, es buah, dan masih banyak lagi. Sekarang ini banyak sekali caffee atau cake shop yang menjadikan dessert sebagai signature dish mereka.

Jika anda sedang malas baking seperti saya saat ini, resep yang bisa dibuat tanpa usaha seperti ini bisa jadi solusi terbaik untuk ngemil sehat tanpa repot. Berawal dari video ini saya mencoba membuat  untuk pertama kalinya, dan bisa anda lihat hasilnya on pictures below :p tak secantik cita-cita tapi yah soal rasa , menurut saya sudah sesuai recipe ya tapi agak sedikit kurang sempurna.

Resep ini saya dapat dari facebook, ummmmm..dan dimulai dari rasa tidak enak saya karena hanya menjadi penonton resep yang rajin share post resep aja. Memang membuat  telihat sangat mudah tapi ternyata tak semudah kelihatanya, heuuuu TT. They called this “UPSIDE DOWN APPLE CAKE”, yeah dari namanya sudah jelas terbayangkan, bahwa cara membuat kue ini pastilah dengan cara dibalik. Sebenarnya, kenapa bisa diberi nama UPSIDE DOWN APPLE CAKE karena asal usul kue ini diambil dari cerita Prancis “Madame Tatin dropped the Pie”.

 

Sebenarnya kue ini berasal dari original recipe dari Prancis yang bernama “Tarte Tatin”. Tak perlu jauh jauh ke Prancis, lewat web ini saya share resepnya ;

–          Apel                             1buah, kupas dan potong dadu

–          Gula                             100 gr

–          Kismis                          sesuai selera

–          Telur                            2 butir (suhu ruangan)

–          Ekstrak vanilla             ½ sendok makan

–          Bubuk kayu manis       ½ sendok makan

–          Tepung                        100gr

–          Baking powder            ½ sendok makan

–          Mentega                     100gr cairkan

Tapi cita-cita dengan kenyataan tidak sejalan. Maunya sih hasilnya seperti foto di atas atau di video, tapi waktu bikin malah kayak foto-foto di bawah ini :( Sempat takut juga karena malah terlihat kayak bakpao bagian cake-nya.

apple_cake (1)

 

Saat dibalik, apelnya tersisa di wajan karna lengket huhuhuu

apple_cake (2)

Karna tidak punya raisin. satu-satunya yang bisa ditambahkan hanya cranberry. Jadinya kurang cantik

apple_cake (3)

Setela dipotong dan dicoba, menurut saya tekstur kue nya masih kurang begitu lembut agak menuju ke bantat ><. Akan tetapi original texture dari kue ini memang padat hampir seperti brownies namun tidak bantat. Yep! Tidak ada salahnya mencoba hal baru kan walaupun saat lagi malas kan?

 

apple_cake (4)