Berapa banyak toko kue di luar sana yang menawarkan berbagai macam jenis kue dan panganan? Sangat banyak. Beberapa di antaranya sehat, namun sebagian besar masih perlu dipertanyakan kualitasnya. Bagi yang mempunyai hobi membuat kue, resep berikut dapat menjadi alternatif jajan yang lebih sehat. Dan baiknya lagi, begitu mudahnya membuat Brownies ini, Anda dapat melibatkan anak Anda untuk membuatnya.

Biarkan si kecil melakukan hal-hal sederhana seperti mengocok telur, memasukan tepung, gula dan coklat, mengaduk adonan, dan menuangkannya ke dalam cetakan.

Membuat kue bersama dapat mempererat hubungan dengan si kecil dan tentu saja, keluarga Anda dapat mengkonsumsi jajanan yang lebih sehat.

 

Bahan:

 1 mangkuk unsalted butter  (, jika yang Anda punya salted butter, jangan tambahkan garam lagi)  1 ½ mangkuk gula  2 sendok teh ekstrak vanilla  4 telur besar   3/4 mangkuk coklat bubuk   1/2  mangkuk tepung terigu   1/2 mangkuk oatmeal yang sudah dihaluskan 1/2 sendok teh baking powder  1/4 sendok teh garam  1 mangkuk kacang, jika suka (misalnya: Walnut, Almond, atau Mente)

 

Alat-alat :

 Loyang   Alat pengocok  Oven  Sendok ukur  Cangkir pengukur

Bagi yang kurang familiar, cangkir pengukur seperti di bawah. Menurut saya, menggunakan alat ini lebih praktis dari timbangan, karena afterall, membuat kue sesuai selera lebih menyenangkan daripada mengikuti resep sampai gram terkecil.

dessert-measuring-cups-set-of-red__56934_PE162375_S4

 

via Ikea

 

Cara membuat:

1. Anda: Panaskan oven pada suhu 180°C. Oleskan sedikit minyak atau butter pada cetakan kue

2. Anda: Lelehkan butter. Anak: masukan gula dan vanilla ke butter yang sudah meleleh. Masukan telur satu per satu. Tambahkan coklat bubuk, kocok sampai tercampur merata.

3. Anak: Masukan terigu dan oatmeal, baking powder dan garam, kocok sampai tercampur rata. Tambahkan kacang-kacangan jika suka.

4.Anak: Tuang adonan ke dalam cetakan

5. Anda: Panggang selama 30-35 menit atau sampai bagian pinggiran brownies mulai terlihat lepas dari cetakan.

6. Anak: Taburkan gula halus sebagai icing hiasan

7. Dinginkan dan potong-potong sesuai keinginan.

*lama memanggang tergantung ukuran cetakan, semakin dalam cetakan, biasanya semakin lama proses pemanggangannya. Gunakan lidi untuk memastikan, Saat lidi tidak lagi lengket, berarti brownies telah matang.

 

P1040988

P1040990

 

Weekend nanti sepertinya bisa dipakai membuat kue, sekaligus menghabiskan waktu bersama anak.