Air, adalah salah satu media bermain yang menyenangkan untuk anak – anak. Anak – anak terkadang sulit untuk keluar dari kamar mandi walaupun mereka sudah selesai mandi, karena mereka asik bermain air. Moms, pasti pernah kan mengalami pengalaman yang sama dengan anak – anak kita?

Nah, darisini saya mulai berpikir bagaimana caranya dengan tanpa mengurangi kesenangan si kecil dalam bermain air namun tetap bermanfaat. Salah satu cara adalah mengajak anak berenang atau jika kita tidak punya waktu lebih di sore hari bisa dengan mengikutkan kelas renang / les. Ya! Menurut saya ini seperti pepatah “sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui”.  Saya banyak mencari tahu , apa sih manfaat berenang untuk anak – anak ? Ternyata ada beberapa manfaat yang bisa di dapat Moms;

  1. IQ yang lebih baik

Dikutip dari sebuah artikel menyebutkan bahwa salah satu universitas terkenal di Melbourne, Australia melakukan penelitian terhadap efek saraf otak pada anak karena kegiatan berenang. Ternyata , hasilnya disimpulkan bahwa anak – anak yang dilatih berenang sejak bayi / balita mempunyai IQ yang lebih tinggi.

 

  1. Melatih keberanian

Dihadapkan dengan kolam berukuran besar, dan kedalaman air yang hampir bisa menenggelamkan si kecil adalah sebuah tantangan tersendiri untuk anak – anak. Dengan mereka mau belajar berenang maka mereka sudah bisa belajar menghadapi ketakutan mereka. Mungkin awalnya si kecil kita ajak ke kolam khusus anak dulu Mom, lalu bisa ke kolam dengan kedalaman yang lebih.

 

  1. Melatih kemampuan Motorik, anak lebih sehat dan membentuk tubuh

Berenang adalah salah satu kegiatan fisik yang punya banyak sekali manfaat, selain melatih otot anak untuk lebih bisa fleksibel, berenang adalah salah satu olah raga ynag dianjurkan untuk menyembuhkan asma, melancarkan aliran darah , dan menyehatkan jantung bahkan untuk orang dewasa juga. Selain itu, berenang membantu pembentukan postur tubuh yang lebih baik. Apalagi dilakukan sejak balita atau anak – anak.

 

  1. Menjadi disiplin dan bisa bersosial

Apabila si kecil bergabung dengan kelas renang / les renang maka si kecil akan terlatih untuk tepat waktu dan mematuhi aturan – aturan dalam berenang. Seperti tidak boleh makan sebelum berenang, datang tepat waktu, pemanasan sebelum berenang, dll. Selain itu, si kecil juga bisa bersosialisasi dengan teman – teman yang lainya. Berteman dan belajar bersama akan meningkatkan kemampuan sosial si kecil dalam ber empati.

 

  1. Menyenangkan anak \^^/

Seperti saya sebut diawal, bahwa anak – anak selalu suka bermain air. Setelah penat belajar di sekolah, berenang bisa dianggap anak sebagai bermain dari pada ‘les renang’. Dengan mood bagus yang diciptakan maka anak bisa lebih produktif untuk beraktivitas dan belajar.

 

Tapi Moms, dalam berenang tetap pertimbangkan kondisi kesehatan si kecil ya. Pastikan si kecil dalam kondisi fit. Kalau tidak, alih – alih mendapat badan yang bugar malah masuk angina nanti jadinya. Selain itu pastikan juga pengawasan yang tepat saat anak berenang, baik itu dengan pelatih atau dengan kita sebagai orang tua.