Fakta bahwa, apa yang dipelajari anak – anak kita saat masa kecil dangat mempengaruhi akan jadi apa dan siapa anak kita kelak. Dari situ, maka bisa disimpulkan bahwa cara kita sebagai orang tua adalah peran terpenting untuk tumbuh kembang anak. Karena, notabenya lingkungan terbesar anak – anak adalah rumah mereka sendiri. Tanggung jawab kita sebagai orang tua adalah membuat lingkunganya baik untuk si kecil mempelajari sesuatu. Salah satu hal terpenting yang harus diajarkan untuk anak – anak kita adalah menjadi anak yang mandiri. Banyak hal yang menjadi PR kita sebagai orang tua untuk mendidik anak menjadi individu yang mandiri. Pencapaian ini tidak bisa secara instan ditanamkan kedalam benak si kecil dan menerapkanya. Orang tua mempunyai tugas yang paling besar dalam hal ini, karena setiap hal yang diajarkan harus dilakukan secara bertahap dan akhirnya menjadi rutinitas anak.

Beberapa hal yang bisa dilakukan orang tua adalah ;

1. Believe that “ My Kids can do this!”

Untuk memulai semua pembelajaran untuk si kecil, satu hal fundamental yang harus anda tanamkan di benak anda adalah , percaya bahwa anak kita bisa menjadi mandiri. Percaya bahwa anak kita mampu melakukan hal yang akan kita ajarkan kepada mereka. Tanpa, rasa kepercayaan ini anda tidak akan pernah bisa membiarkan si kecil melakukan apapun sendiri.

2. Biasakan anak – anak mengerjakan kebutuhanya sendiri.

Seperti yang saya sebut diatas ya Mom, bahw lingkungan yang paling besar untuk si kecil adalah rumahnya sendiri. Dari sana banyak hal yang bisa diajarkan kepada si kecil untuk memulai melakukan banyak hal dengan tangan mereka sendiri. Dimulai dari rutunitas pagi hari, membereskan tempat tidur sendiri, menyiapkan seragam dan memakai sendiri , mandi sendiri,menggunakan toilet,memakai sepatu dan sarapan tanpa harus disuapin. Awalnya, tentu anda harus tetap membantu ya Moms , harus tetap telaten dan sabar sampai terlihat sikecil agak terbiasa. Dari situ, anda bisa mulai membiarkan si kecil melakukan nya sendiri.

3. Latih anak untuk memilih.

Membiarkan anak – anak memilih untuk kepentinganya sendiri akan melatih si kecil untuk membuat keputusan untuk dirinya sendiri. Seperti yang kita tahu ya Mom, bahkan sebagai orang tua, kita sulit saat harus membuat keputusan. Maka hal ini akan menjadi pelajaran yang sangat berguna untuk si kecil. Mulai dari hal – hal kecil seperti saat di toko alat tulis, biarkan mereka memilih warna atau jenis alat tulis yang mereka inginkan. Atau baju yang akan mereka kenakan saat akan diajak jalan – jalan. Buku cerita , mainan, dll.

4. Ajarkan tanggung jawab.

Mengajakan tanggung jawab kepada anak dari kecil tentulah dibutuhkan. Tanggung jawab yang diajarkan kepada si kecil, tentulah kita bisa memulai dari hal – hal kecil dirumah. Seperti, minta anak untuk bertanggung jawab merawat dan menjaga barang miliknya, seperti mainan, alat tulis, hewan peliharaan dengan memberi makan dan minum. Ajarkan pula untuk tanggung jawab dengan mengerjakan tugas rumah ataupun tugas dari sekolah. Katakan kepada anak bahwa anda percayakan mainan,hewan dan tugas kepada mereka secara langsung. Perasaan anak pasti akan tergugah dan menjaga apa yang dipercayakan kepada mereka sepenuh hati, karena mereka merasa diperlakukan seperti orang dewasa.

5. Selalu beri pengertian dan penjelasan.

Hanya menyuruh anak atau melarang anak tanpa alasan atau pejelasan yang jelas adalah hal yang terlarang untuk dilakukan.Karena, sifat dasar anak kecil yang peasaran dan rasa ingin tahu yang tinggi akan semakin besar akan meningkat saat dilarang. Contohnya, ketika si kecil harus mulai sekolah hari pertamanya, minta anak untuk tidak ditemani disekolah dan beri pengertian “nak, mama harus kerja biar bisa beli buku buat adek”.

6. Dengarkan si kecil.

Yang terakhir adalah, dengarkanlah si kecil saat dia ingin berbagi cerita dengan anda. Dari cerita mereka, anda bisa melakukan evaluasi terhadap apa yang telah mereka lakukan. Sehingga anda tetap bisa melakukan pengawasan terhadap si kecil.