Jika kita ke supermarket, atau toko-toko kecantikan, berbagai jenis masker siap pakai berjejer rapi di etalase. Banyak yang mengklaim bahwa mereka natural, tapi apakah benar? apakah Anda yakin? Memang ada masker yang bagus dan hampir sepenuhnya natural, tapi biasanya disertai dengan harga yang kurang bersahabat.

Dari pada kita membeli masker yang kejelasannya kurang kita yakini, atau harganya terlalu mahal, medingan yuk kita membuat sendiri masker natural kita. Tidak sulit kok.

Masker Pisang

banana mask

Pisang dapat menjadi pilihan masker wajah yang aman dan natural. Hancurkan pisang matang berukuran sedang dan oleskan pada wajah dan leher Anda. Cukup dibiarkan selama 20 menit, lalu cuci dengan air dingin. Setelah menggunakan masker ini, wajah pun terasa lebih lembut. Zat asam yang dikandung pisang juga dapat melembutkan komedo sehingga lebih mudah dikeluarkan.

Variasi lain dari masker ini adalah dengan menambahkan 1/4 cup yogurt plain dengan 2 sendok makan madu.

Masker Oatmeal

oatmeal-mask

 

via kineticfix.com

Salah satu masker yang sangat mudah dibuat adalah masker oatmeal. Campurkan 1/2 cup air hangat dengan 1/3 cup oatmeal, kemudian biarkan selama 2-3 menit. Tambahkan 2 sendok makan yogurt plain, 2 sendok makan madu dan 1 butir putih telur. Aplikasikan ke wajah Anda, biarkan selama 10-15 menit kemudian dibilas dengan air hangat.

Masker ini akan membuat wajah Anda terasa halus dan kencang.

Masker Cuka Apel

applecider

via revealedskincare.com

Cuka telah dipergunakan untuk perawatan kecantikan sejak jaman dahulu kala. Cuka apel ternyata cukup efektif untuk memberantas jerawat pada wajah. Gunakan 1 sendok makan cuka apel yang telah dicampurkan dengan  2 cup air setelah Anda mencuci wajah. Cuka apel akan membersihkan dan mengencangkan kulit Anda.

Anda juga dapat menggunakan cuka apel seperti layaknya masker dengan mencampurkan 1/4 cup cuka apel dengan 1/4 cup air. Biarkan selama beberapa menit kemudian dibilas.

Masker Susu

BrooklynMilk_Preview_960

via http://work.repponen.com/

Untuk yang memiliki kulit kering, susu dapat menjadi pilihan yang tepat. Campurkan 1/4 cup susu bubuk dengan sedikit air sampai membentuk pasta. Oleskan pada wajah dan leher dan biarkan sampai kering, kemudian bilas dengan air hangat. Wajah Anda akan terasa lembut dan lembab.

Masker Mayonaise /  Putih Telur

mayo_2872880b

via www.telegraph.co.uk

Memiliki wajah yang kencang adalah impian semua wanita. Anda bisa mencoba masker mayonaise untuk memperoleh kulit dambaan Anda. Oleskan mayonaise pada wajah Anda dan biarkan selama 20 menit. Kemudian bersihkan wajah Anda dengan air dingin. Wajah Anda akan terasa bersih, halus dan kencang.

Jika Anda tidak memiliki mayonaise, bisa menggunakan bahan pembuat mayonais, putih telur, untuk hasil serupa.