Entah ide sabuk pengaman motor untuk anak-anak awalnya berasal dari mana, saat ini sudah ada beberapa produsen lokal yang membuat dan mengedarkan sabuk ini.

Sering kali di jalanan kita melihat di atas motor bebek, bapak, ibu dan tiga orang anaknya berkendara melintasi jalan yang cukup padat. Pilihan mengendarai motor dengan jumlah orang dapat membahayakan dilakukan bukan karena alasan rekreasi, namun karena kebutuhan. Infrastuktur yang belum maksimal di banyak kota di Indonesia memaksa keluarga-keluarga untuk mengambil resiko membawa seluruh anggota keluarganya di atas satu motor. Daripada lama menunggu bus atau angkot, adalah salah satu alasan klasik.

Kebutuhan ini rupanya dilirik oleh beberapa orang yang cukup kreatif yang kemudian mengembangkan sabuk pengaman untuk anak yang dipasangkan ke tubuh orang tuanya. Dengan sabuk ini, saat anak yang ditempatkan baik di depan atau di belakang dapat terhindar dari bahaya terlempar dari motor saat orang tua mengerem.

Sabuk ini mungkin sudah tersedia secara masal di toko-toko kenderaan bermotor, atau jika Anda kesulitan, beberapa penjual telah memasarkan sabuk ini secara online. Cukup ketikan SABUK BONCENG di mesin pencari Anda.