Catch Your Dream,Moms!

Banyak pandangan di Indonesia , bahkan secara global bahwa wanita mempunyai waktu yang singkat untuk mewujudkan cita-cita atau impianya. Batas waktu yang kita bicarakan disini adalah saat dimana seorang wanita sudah menikah dan mempunyai buah hati untuk dijaga. Karena saat menjadi seorang ibu, kebutuhan anda sendiri dikorbankan untuk kebutuhan si kecil dan “Children’s need is infinity” atau tak terbatas. Hal ini dijadikan alasan dasar untuk wanita berhenti berkarir, mengejar mimpi dan harus memberikan waktu penuh untuk keluarga. Banyak masyarakan bahkan wanita salah mengartikan antara kodrat sebagai wanita dan peran sebagai wanita. Paradigma masyarakat jika wanita mempunyai kodrat untuk tetap dirumah dan megurus keluarga adalah sebuah pandangan yang harus dibenarkan.

Menurut KBBI, definisi dari kata “kodrat” itu sendiri adalah “suatu sifat bawaan yang tidak bisa dirubah”. Contohnya , kodrat wanita salah satunya adalah melahirkan dan menyusui. Karena hanya wanita yang bisa melakukan hal ini dan tidak bisa digantikan oleh laki – laki. Jadi apabila masyarakat menganggap bahwa wanita harusnya ada dirumah dan mengurus keluarga adalah sebuah “peran wanita” bukan sebagai kodrat wanita yang “harus dijalankan”. Karena notaben nya peran bisa digantikan oleh laki laki. Sekarang saya Tanya , apakah suami anda bisa menyusui anak anda? Tentu tidak. Lalu apakah suami anda bisa mencuci piring dan menyapu lantai? Tentu bisa.

Nah Mom, dari pandangan dasar ini mulailah berpikir bahwa sebagai “Mom” anda masih punya hak untuk bermipi dan mengejarnya. Entah menjadi wanita karir atau menjadi wirausaha yang sukses, maka peran yang anda pikir akan menghalangi bisa anda siasati dengan tips dibawah ini Moms ;

Don’t make any excuses! Seperti ;

1. “Aduh, ga ada waktu”

Come on Moms.. there is always time.. just make time. Sekarang pikirkan, jika anda adalah ibu rumah tangga yang anda merasa “sibuk” mengurus rumah , suami dan anak tapi tetap ada “waktu luang yang anda punya. Sekarang pikirkan kembali “ Apa yang anda lakukan disaat waktu luang anda?” apabila anda merasa waktu luang yang anda punya , belum anda gunakan secara efisien maka mulai sekarang pergunakanlah. Salah satu langkah kecil yang bisa anda lakukan adalah ambil handphone atau laptop anda dan cari tahu tentang hal yang berkaitan tentang mimpi anda. Do research and take action Mom.

2. “Tabunganya belum cukup, untuk kebutuhan dulu deh”

Alasan klasik yang kedua adalah tidak mempunyai cukup uang untuk dijadikan modal , jika anda ingin memulai usaha. Langkah pertama yang bisa anda lakukan adalah “mulailah menabung”. Jadikan menabung bukan dari uang sisa, tapi jadikan kebutuhan. Jadi alokasikan 10 % dari pendapatan menjadi tabungan. Langkah kedua, mulailah membongkar kontak HP atau sosmed anda. Percayalah Moms, modal terbesar untuk memulai usaha bukanlah uang tapi Link/ Relasi yang anda punya. Dari sana anda bisa bekerja sama , bertukar pikiran , mencuri ilmu dan mulai melangkah untuk mewujudkan impian anda.

3. “Saya takut resikonya besar”

Semua hal pasti ada resiko, bahkan saat anda memasak pun banyak resiko berbahaya yang bisa terjadi. Yang bisa anda lakukan disini adalah lakukan research untuk antisipasi. Moms, you know what? “ ketakutan datang karena sesuatu yang tidak kita ketahui” jadi, cari tahulah sebanyak mungkin tentang mimpi anda.

4. Don’t want being judged

Just live your life Mom! Semua orang mempunyai hak untuk melakukan apapun yang mereka inginkan. Selama kita berfokus akan orang lain maka kita tidak akan bergerak sedikitpun kedepan. Bahkan apapun yang kita lakukan selalu dilihat dari dua sisi oleh orang – orang. Baik dan buruk , pasti lebih banyak buruk nya untuk dilihat orang dengan mudah. Maka dari itu Mom, kejar mimpi anda dan sukseslah,buktikan bahwa mereka salah.

5. Keep saying “ am not ready”

No one is ready for anything. Semua orang dipaksa untuk siap melakukan sesuatu karena mereka telah melakukanya.

6. Feels comfortable enough

Jangan menjadi katak dalam tempurung , yang merasa bahwa kandangnya adalah tempat teraman didunia. Tanpa keberanian untuk melangkah, maka mimpi anda juga hanya akan tergantung di angan – angan mom.

7. Feel have so many weakness

Banyak sekali para Mom terutama yang sudah mempunyai anak merasa bahwa mereka kurang cantik, kurang pintar kurang gesit , dan lain lain. Please mom, focus on your goal and what will you do. Bukan pada kelemahan anda. Semakin anda fokus dan bersiteguh bahwa anda kurang dalam segalanya maka hal itulah yang akan terjadi. Eh Mom, untuk referensi. Pendiri KFC pun memulai usahanya saat dia sudah menjadi tua loh.

Yang terakhir dan paling penting adalah, diskusikan hal yang anda lakukan dengan suami terlebih dahulu. Karena bagaimanapun dalam brkeluarga, semua keputusan wajib di bicarakan berdua. Belajar mengatur waktu dengan baik ya Mom,, agar keluarga dan cita-cita bisa sukses. Then you will be incredible Mom. Inget ya Mom… Incredible Mom will raise incredible Kids too ^^.