via behance

Sebelum Anda melangkah ke dokter, sebaiknya Anda mengakrabkan diri dulu dengan penanganan-penanganan awal pilek dan flu. Setidaknya agak Anda membiarkan tubuh Anda melawan virus terlebih dahulu sebelum menyerah ke tangan obat-obatan dokter. Terkadang, tidak semua obat-obatan pemberian dokter benar-benar manjur.

Remedi Pilek dan FLu: apa yang berhasil

Ketika Anda terserang pilek dan flu, bisa dipastikan Anda akan sakit selama setidaknya satu atau dua minggu. Tapi ini tidak berarti bahwa Anda harus menderita selama itu. Beberapa remedi berikut dapat membantu Anda mengurangi derita.

  • Air dan cairan lainnya. Baik air putih, juice, atau jeruk nipis hangat dengan madu akan membantu Anda mengurangi hidung mampet dan mencegah dehidrasi. Lihatlah laman ini untuk beberapa remedi cairan untuk FLU dan PILEK. Hindarilah minuman beralkohol, kopi dan minuman bersoda yang dapat memperburuk dehidrasi.
  • Air garam. Berkumurlah dengan air garam (campuran air hangat dan 1sdm garam) dapat membantu mengurangi gatal di tenggorokan.
  • Tetes atau spray hidung, dapat membantu mengurangi hidung mampet dan membersihkan saluran pernapasan. Cobalah untuk mencari yang terbuat dari bahan natural seperti air laut. Di beberapa apotik menyediakan spray praktis dari air laut namun sayangnya harganya tidak terlalu murah. Atau Anda dapat membuat semprotan air garam Anda sendiri dengan mengikuti tutorial video
  • Sup ayam dapat meringankan pilek dan flu karena dapat mengurangi radang dan mencegah dehidrasi. Cobalah resep SUP AYAM ini.
  • Obat-obatan tanpa resep dokter dapat Anda pakai jika benar-benar butuh. Tapi bacalah dulu bahan-bahan yang terkandung di dalamnya, misalnya acetaminophen (Tylenol) dapat mengganggu fungsi hati jika melebihi dosis yang dianjurkan. Obat-obatan ini akan meringankan flu dan pilek, bukan menyembuhkan secara total. Virus flu dan pilek biasanya tetap ada pada sistem tubuh kita, namum tidak akan membuat sakit selama kondisi kita prima.
  • Kelembapan udara berpengaruh terhadap penyakit Anda. Virus flu dan pilek berjaya saat udara kering. Selain itu udara yang kering juga akan membuat membran selaput pernapasan kering dan menyebabkan hidung mampet dan tenggorokan gatal.
  • Jika Anda mempunyai anak di bawah 2 tahun yang terserang flu, gunakan alat steam untuk menciptakan ruangan yang hangat dan lembab bagi bayi Anda selama beberapa menit sebelum tidur dapat membantu meringankan serangan flu.

Remedi Pilek dan Flu: apa yang TIDAK berhasil

  • Antibiotik biasanya diresepkan dokter untuk flu dan pilek. Padahal biasanya penyakit ini karena virus, jadi jelas saya tidaj berhasil. Jangan meminta dokter Anda merespkan antibiotik, ini akan membuat tubuh Anda lebih lemah terhadap bakteri-bakteri lainnya.
  • Obat-obatan tanpa resep dokter harus dihindari penggunaannya pada anak di bawah 4 tahun karena bisa mempunyai efek samping yang berbahaya.