Curriculum Vitae Anda tidak harus berakhir di tumpukan kertas untuk “dilihat” lagi nanti. Saat CV diletakkan ditumpukan-entah-apa, belum tentu HR perusahaan akan melihatnya lagi. Buatlah CV yang menarik perhatian namun tetap padat informasi.

ATURLAH LAYOUT CV ANDA

1. Aturlah CV agar mudah dibaca. Pisahkan informasi di dalam CV menjadi beberapa bagian dan urutkan informasinya sesuai dengan urutan waktu. Umumnya informasi pada CV dipisahkan menjadi beberapa bagian berikut:

  • Detail Kontak
  • Objektif
  • Summary Professional
  • Pengalaman Kerja
  • Pendidikan
  • Publikasi
  • Skill/Kualifikasi
  • Serifikasi
  • Referensi

2. Gunakan spasi antar kalimat secara konsisten agar CV terlihat lebih rapi. Pastikan saat mengetik, informasi tidak terlalu berdempetan sehingga kesannya terlalu penuh, dan juga terlalu kosong dan mengambang. Bila Anda menggunakan indent atau bullet, pastikan mereka menggunakan pengaturan yang sama dan sejajar dari awal CV sampai akhirnya.

3. Gunakan kata-kata kunci yang dicari oleh HRD perekrut. Bacalah deskripsi pekerjaan yang hendak Anda lamar, gunakan beberapa kata kunci untuk menjelaskan pekerjaan Anda sekarang, pencapaian-pencapaian saat ini yang sesuai dengan pekerjaan yang akan dilamar,

4. Gunakan jenis huruf dari keluarga Serif karena mudah dibaca, terutama jika Anda mengirimkan CV melalui korespondensi email.  Century Schoolbook, Courier , dan Times New Roman adalah beberapa contoh jenis huruf yang bisa Anda pakai.

5. Jangan menggunakan huruf besar semua pada CV Anda, ini memberikan kesan tidak sopan dan juga sulit dibaca.

6. Jika perlu gunakan Bold atau Italic saat memberikan penekanan pada informasi tertentu, tetapi jangan gunakan Underline karena akan membuat CV Anda tidak jelas secara visual.

 

TAMPILKAN INFORMASI YANG PENTING DAN BERBOBOT

1. Jangan memulai judul CV Anda dengan CURRICULUM VITAE atau RESUME. Anda bisa memulai CV Anda dengan Detail Kontak Anda diikuti dengan Objektif (tujuan Anda melamar).

2. Pada Summary Professional, tampilkan informasi mengenai hal-hal yang telah Anda capai selama bekerja. Jangan menampilkan tugas dan tanggung jawab saja.

3. Tampilkan Pengalamam Kerja dan Pendidikan sesuai dengan urutan waktu. Pekerjaan atau Pendidikan terakhir haruslah ditulis paling atas dari daftar Anda.

cv2

 

4. Tampilkan hasil Publikasi Anda jika ada, juga sesuai dengan urutan waktu, yang terakhir ditulis ditampilkan lebih dahulu

5. Saat menyebutkan Skill/Kualifikasi Anda, sebutkan juga tingkat penguasaan Anda akan skill tersebut. Misalnya: Microsoft Word : Sangat Baik

6. Sertakan Sertifikasi pendidikan tambahan Anda, misalnya kursus atan seminar dan pelatihan jika diperlukan

7. Cantumkan Referensi Anda dari pekerjaan sekarang atau afiliasi Anda dengan organisasi-organisasi lainnya. Pastikan Anda menghubungi pemberi referensi Anda terlebih dahulu dan meminta ijin mereka agar dapat dihubungi.

 

cv1

Guideline ini dapat dipakai jika Anda hendak melamar di perusahaan sebagai staff profesional. Jika Anda melamar di bidang yang memerlukan kreatifitas lebih secara visual dan grafik, Anda tentulah diberikan kebebasan untuk berkreasi lebih dengan CV Anda. Laman ini mungkin dapat memberikan Anda ide untuk membuat CV KREATIF